Rabu, 27 Januari 2010

5 tipe kasek

INSTRUMEN SUPERVISI DAN EVALUASI

KESIAPAN RSBI TAHUN 2010











DIREKTORAT PEMBINAAN SMP

DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

JAKARTA 2010



Pengantar

Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Mandikdasmen Depdiknas pada tahun ajaran 2009/2010 telah menetapkan sebanyak 50 SMP sebagai sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi calon RSBI atau disebut dengan Persiapan RSBI. Masa persiapan untuk menjadi RSBI ditetapkan selama maksimal dua tahun, dengan tujuan agar ketika ditetapkan untuk menjadi RSBI telah benar-benar siap menyelenggarakan sebagaimana kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pada tahun ajaran 2010/2011 adalah merupakan tahun kedua dalam mempersiapkan RSBI tersebut. Oleh karena itu, pada tahapan selanjutnya Direktorat Pembinaan SMP akan melaksanakan supervisi dan evaluasi kepada seluruh sekolah tersebut. Tujuan supervisi dan evaluasi ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kesiapan penyelenggaraan RSBI ditinjau dari: (1) kesiapan sekolah itu sendiri dilihat dari pencapaian pemenuhan indikator-indikator SNP dan keinternasionalan, (2) kesiapan sekolah ditinjau dari kinerja, (3) kesiapan dukungan / bantuan dari pemerintah daerah kabupaten/kota, dan (4) kesiapan dari pemerintah daerah provinsi.

Dengan demikian, supervisi dan evaluasi ini akan menghasilkan sejumlah sekolah (Persiapan RSBI) yang akan ditetapkan menjadi RSBI dengan memenuhi kriteria-kriteria atau persyaratan tertentu yang ditentukan oleh pemerintah. Namun demikian, apabila terdapat sekolah persiapan RSBI yang belum memenuhi persyaratan dari hasil supervisi dan evaluasi ini, maka sekolah-sekolah tersebut selanjutnya akan dilakukan pembinaan kembali selama satu tahun (merupakan persiapan tahun kedua) untuk dipersiapkan menjadi RSBI.

Dalam upaya melaksanakan supervisi dan evaluasi ini, maka Direktorat Pembinaan SMP menyiapkan perangkat instrumen sesuai dengan kebutuhan/tujuan supervisi dan evaluasi. Ada empat jenis instrumen pokok yang akan dipergunakan untuk supervisi dan evaluasi ini, yaitu: instrumen kesiapan sekolah ditinjau

dari indikator-indikator pendidikan, instrumen kesiapan ditinjau dari dukungan pemerintah daerah kabupaten/kota, instrumen kesiapan pemerintah daerah provinsi, dan instrumen kinerja sekolah.

Oleh karena itu, atas kerjasama dan bantuan semua pihak untuk terselenggaranya kegiatan supervisi dan evaluasi ini disampaikan banyak terima kasih.

Jakarta, Januari 2010

Direktorat Pembinaan SMP

PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN

A. INSTRUMEN KESIAPAN SEKOLAH SEBAGAI RSBI DITINJAU DARI INDIKATOR UTAMA PENDIDIKAN

1. Instrumen ini untuk mengetahui kesiapan sekolah dilihat dari indikator-indikator SNP yang telah dicapai sekolah secara kualitatif/kuantitatif, minimal didasarkan atas ketentuan-ketentuan dalam Permendiknas-Permendiknas tentang SNP, dan sekaligus tentang indikator-indikator keinterinasionalannya;

2. Petugas mengisi secara deskriptif kuantitatif/kualitatif pada tiap kolom dan baris pada masing-masing SNP, yaitu standar isi, proses, kelulusan/prestasi, pendidik dan tenaga kependidikan, sarpras, manajemen, pembiayaan dan penilaian, baik untuk pencapaian indikator SNP maupun keinternasionalan sesuai dengan kondisi/fakta di lapangan secara obyektif;

B. INSTRUMEN KESIAPAN BANTUAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

1. Instrumen ini untuk mengetahui kesiapan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam membantu penyelenggaraan RSBI sesuai kewenangannya, ditinjau dari aspek: dukungan kebijakan, dukungan pendanaan, sarpras, SDM, pengendalian mutu, kurikulum dan lainnya;

2. Petugas mengisi secara deskriptif kuantitatif/kualitatif pada tiap kolom dan baris pada masing-masing aspek tersebut sesuai dengan kondisi/fakta di lapangan secara obyektif;

3. Apabila fakta menunjukkan ada/tercapai/terpenuhi dari berbagai aspek tersebut oleh pemerintah daerah kab/kota, maka petugas menguraikan secara singkat pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “YA”, dan apabila sebaliknya (tidak ada, tidak terpenuhi, tidak tercapai), maka petugas juga menguraikan secara singkat alasan atau penyebabnya pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “TIDAK”.

C. INSTRUMEN KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

1. Instrumen ini untuk mengetahui kesiapan pemerintah daerah provinsi dalam penyelenggaraan RSBI sesuai kewenangannya, ditinjau dari aspek: dukungan kebijakan, dukungan pendanaan, sarpras, SDM, pengendalian mutu, kurikulum dan lainnya;

2. Petugas mengisi secara deskriptif kuantitatif/kualitatif pada tiap kolom dan baris pada masing-masing aspek tersebut sesuai dengan kondisi/fakta di lapangan secara obyektif;

3. Apabila fakta menunjukkan ada/tercapai/terpenuhi dari berbagai aspek tersebut oleh pemerintah daerah provinsi, maka petugas menguraikan secara singkat pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “YA”, dan apabila sebaliknya (tidak ada, tidak terpenuhi, tidak tercapai), maka petugas juga menguraikan secara singkat alasan atau penyebabnya pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “TIDAK”.

D. INSTRUMEN KESIAPAN KOMITE SEKOLAH/MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

1. Instrumen ini untuk mengetahui kesiapan komite sekolah/masyarakat dalam penyelenggaraan RSBI sesuai kewenangannya, ditinjau dari aspek: dukungan kebijakan, dukungan pendanaan, sarpras, SDM, pengendalian mutu, dan lainnya;

2. Petugas mengisi secara deskriptif kuantitatif/kualitatif pada tiap kolom dan baris pada masing-masing aspek tersebut sesuai dengan kondisi/fakta di lapangan secara obyektif;

3. Apabila fakta menunjukkan ada/tercapai/terpenuhi dari berbagai aspek tersebut oleh komite sekolah/masyarakat, maka petugas menguraikan secara singkat pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “YA”, dan apabila sebaliknya (tidak ada, tidak terpenuhi, tidak tercapai), maka petugas juga menguraikan secara singkat alasan atau penyebabnya pada baris-baris di sebelah kanan jawaban “TIDAK”.

E. INSTRUMEN KESIAPAN SEKOLAH SEBAGAI RSBI DITINJAU DARI KINERJA SEKOLAH

1. Instrumen ini untuk mengetahui kesiapan sekolah dilihat dari kinerja sekolah yang diukur dari indikator-indikator SNP yang telah dicapai sekolah, minimal didasarkan atas ketentuan-ketentuan dalam Permendiknas-Permendiknas tentang SNP, dan sekaligus tentang indikator-indikator keinterinasionalannya;

2. Indikator-indikator pendidikan tersebut meliputi indikator SNP dan keinternasionalan yang merupakan penjabaran dari setiap aspek pendidikan, dan aspek-aspek tersebut merupakan penjabaran dari setiap komponen pendidikan. Dari beberapa komponen tersebut pada dasarnya adalah merupakan penjabaran dari setiap SNP. Untuk menilai kinerja sekolah dengan cara memberikan skore pada tiap aspek pendidikan.

3. Pemberian skore bertujuan untuk melihat sejauhmana tiap aspek pendidikan telah memenuhi kriteria kesiapan dengan tolok ukur dari indikator-indikator tiap aspek tersebut. Makin banyak indikator yang terpenuhi dari suatu aspek tertentu, maka berarti aspek tersebut makin siap (makin baik), begitu juga sebaliknya. Rentang skore adalah 4, 3, 2, dan 1 untuk indikator yang sifatnya kelompok atau jumlah indikator ≥ 4 buah dari tiap aspek, sedangkan skore 4 dan 1 untuk indikator dari suatu aspek yang sifatnya tunggal atau hanya terdiri dari dua (2) indikator. Besar kecilnya skore ditentukan oleh banyak sedikitnya pemenuhan indikator pada tiap aspek pendidikan. Untuk mengetahui apa saja dan berapa banyaknya indikator-indikator yang ada/memenuhi di sekolah, maka petugas memberikan tanda tertentu (misalnya tanda √) pada kolom ke-5.

4. Petugas memberikan skore tersebut pada kolom terakhir atau kolom ke-9 (kolom skore) sesuai dengan kondisi/fakta di lapangan secara obyektif dengan cara memberi tanda, misalnya bentuk silang atau lingkaran secara jelas.

I. INSTRUMEN KESIAPAN SEKOLAH SEBAGAI RSBI DITINJAU DARI INDIKATOR UTAMA PENDIDIKAN

NO. STANDAR NO. PEMENUHAN INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PEMENUHAN INDIKATOR KEINTERNASIONALAN

A ISI 1

2

3

4

B PROSES 1

2

3

4

C KELULUSAN/

PRESTASI 1

2

3

4

D PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 1

2

3

4

E SARPRAS 1

2

3

4

F MANAJEMEN 1

2

3

4

G PEMBIAYAAN 1

2

3

4

H PENILAIAN 1

2

3

4

II. INSTRUMEN KESIAPAN BANTUAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

DUKUNGAN KEBIJAKAN DUKUNGAN PENDANAAN DUKUNGAN SARPRAS/ALAT DUKUNGAN SDM DUKUNGAN PENGENDALIAN MUTU DUKUNGAN KURIKULUM DAN LAINNYA: ..................

1 Ada, yaitu: a



b



c



d



e





f



2 Tidak ada, karena: a





b





c





d





e











III. INSTRUMEN KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

DUKUNGAN KEBIJAKAN DUKUNGAN PENDANAAN DUKUNGAN SARPRAS/ALAT DUKUNGAN SDM DUKUNGAN PENGENDALIAN MUTU DUKUNGAN KURIKULUM DAN LAINNYA: ..................

1 Ada, yaitu: a



b



c



d



e





f



2 Tidak ada, karena: a





b





c





d





e











IV. INSTRUMEN KESIAPAN KOMITE SEKOLAH/MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN RSBI

DUKUNGAN SEBAGAI “LINK” (MENJEMBATANI) DUKUNGAN PENDANAAN DUKUNGAN SARPRAS/ALAT DUKUNGAN SDM DUKUNGAN PENGENDALIAN MUTU DUKUNGAN LAINNYA: ..................

1 Ada, yaitu: a



b



c



d



e





f





2 Tidak ada, karena: a





b





c





d





e











V. INSTRUMEN KESIAPAN KINERJA SEKOLAH RSBI

I. STANDAR ISI



NO KOMPONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Kerangka Dasar Kurikulum 1 Muatan Kurikulum 1 Isi (muatan) kurikulum memenuhi sejumlah mapel SNP a Terpenuhi 4 item 4

2 Terdapat beberapa jenis panduan pelaksanaan muatan kurikulum SNP b Terpenuhi 3 item 3

3 Terdapat upaya pengembangan isi muatan kurikulum bertaraf internasional c Terpenuhi 2 item 2

4 Terdapat upaya pengembangan panduan pelaksanaan muatan kurikulum bertaraf internasional d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Struktur Kurikulum Pendidikan Umum 1 Struktur kurikulum 1 Terdapat Isi/muatan struktur kurikulum SNP a Terpenuhi 4- 5 item 4

2 Ketersediaan referensi umum b Terpenuhi 3 item 3

3 Keterlaksanaan program muatan lokal c Terpenuhi 2 item 2

4 Keberadaan program pengembangan diri d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Keterlaksanaan program pengembangan diri

2 Upaya pengayaan 1 Terdapat Isi pengayaan muatan struktur kurikulum bertaraf internasional a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Ada referensi khusus RSBI b Terpenuhi 4 item 3

3 Ada persiapan pemenuhan Mapel PTD c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Ada / memiliki referensi /manual/modul PTD d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Ada persiapan upaya pelaksanaan mapel PTD

6 Ada persiapan upaya terdapat Struktur kurikulum berbentuk bilingual

3 Standar dan kompetensi dasar 1 Penjabaran SK dan KD mata pelajaran SNP a Terpenuhi 4 item 4

2 Kualitas/kuantitas/variasi standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) untuk mata pelajaran/program pendidikan Muatan Lokal b Terpenuhi 3 item 3

3 Ada persiapan upaya penjabaran pengayaan SK dan KD mapel bertaraf internasional c Terpenuhi 2 item 2

4 Ada persiapan upaya SK/KD berbentuk bilingual d Terpenuhi ≤ 1 item 1

3 Beban belajar 1 Tatap muka 1 Penerapan kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan beban belajar SNP a Terpenuhi 4 item 4

2 Ada persiapan penambahan jam pembelajaran sesuai kebutuhan kurikulum pelajaran bertaraf internasional per minggunya b Terpenuhi 3 item 3

3 Ada rencana pemenuhan jumlah jam pembelajaran per minggu > 32 jam c Terpenuhi 2 item 2

4 Ada rencana pemenuhan jumlah Minggu efektif per tahun bisa > 34 minggu d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Penugasan terstruktur/

mandiri 1 Ada pemberian tugas-tugas terstruktur a Terpenuhi 4 item 4

2 Ada upaya pemenuhan pembuatann tujuan penugasan terstruktur mapel bertaraf internasional b Terpenuhi 3 item 3

3 Ada program kegiatan mandiri/tidak terstruktur untuk mapel SNP c Terpenuhi 2 item 2

4 Ada persiapan program kegiatan mandiri / tidak terstruktur mapel bertaraf internasional d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 1 Pengembangan KTSP 1 Pemenuhan ketentuan dalam pengembangan KTSP SNP

a Terpenuhi 3 item 4

2 Pemenuhan ketentuan dalam pengembangan KTSP bertaraf internasional

b Terpenuhi 2 item 3

3 Terdapat bentuk/jenis KTSP untuk acuan pembeljaran bertaraf internasional dari negara/sekolah lain bertaraf internasional c Terpenuhi 1 item 2

d Terpenuhi 0 item 1

2 Pengembangan Silabus 1 Pemenuhan ketentuan penyusunan silabus mapel SNP a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Ada penggandaan dan kepemilikian silabus mapel SNP didistribusikan b Terpenuhi 4 item 3

3 Ada pendokumentasian silabus mapel SNP oleh sekolah c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Ada upaya persiapan pemenuhan ketentuan penyusunan silabus mapel SNP adalah silabus mapel bertaraf internasional Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK, dan PTD d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Ada upaya persiapan pemenuhan penggandaan dan kepemilikian silabus mapel bertaraf internasional Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK, dan PTD didistribusikan

6 Ada upaya persiapan pemenuhan pendokumentasian silabus mapel bertaraf internasional Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK, dan PTD oleh sekolah

3 Pengembangan RPP 1 Pemenuhan ketentuan penyusunan RPP mapel SNP a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Ada penggandaan dan kepemilikian RPP mapel SNP didistribusikan b Terpenuhi 4 item 3

3 Ada pendokumentasian RPP mapel SNP oleh sekolah c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Ada upaya pemenuhan ketentuan penyusunan RPP mapel bertaraf internasional d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Ada persiapan penggandaan dan kepemilikian Oleh semua pihak terkait mapel bertaraf internasional Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK, dan PTD didistribusikan

6 Ada upaya persiapan pendokumentasian Oleh semua pihak terkait mapel bertaraf internasional Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK, dan PTD oleh sekolah

4 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 1 Besarnya KKM ≥ 75 untuk setiap mata pelajaran SNP a Terpenuhi 4 item 4

2 Ada alasan/analisa faktor-faktor menetapkan KKM setiap mata pelajaran SNP b Terpenuhi 3 item 3

3 Ada upaya analisa KKM untuk mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, TIK, dan PTD sebagai persiapan untuk mapel bertaraf internasional c Terpenuhi 2 item 2

4 Ada alasan / analisa faktor-faktor menetapkan KKM untuk setiap mata pelajaran bertaraf internasional d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Kalender Pendidikan 1 Alokasi waktu dan penetapan kalender pendidikan 1 Ada pemenuhan ketentuan/aspek-aspek dalam menyusun kalender pendidikan Sekolah SNP a Terpenuhi 2 item 4

2 Ada persiapan upaya pemenuhan ketentuan/aspek-aspek dalam menyusun kalender pendidikan bertaraf internasional b Terpenuhi 1 item 1



II. STANDAR PROSES



NO KOMPONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Perencanaan Proses Pembela-jaran 1 Perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus 1 Tiap guru mata pelajaran menyusun silabus sendiri sesuai bidang yang diajarkan a Terpenuhi 5-7 item 4

2 Sekolah memiliki dokumen silabus semua mata pelajaran b Terpenuhi 4 item 3

3 Legalitas silabus oleh sekolah dan Dinas Pendidikan Kab/Kota c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Ada upaya pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional oleh guru sendiri (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Ada dokumen pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD)

6 Ada upaya pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) berbentuk bilingual

7 Ada dokumen pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) berbentuk bilingual

2 Perencanaan pengembangan atau penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Tiap guru mata pelajaran menyusun silabus sendiri sesuai bidang yang diajarkan a Terpenuhi 5-8 item 4

2 Sekolah memiliki dokumen silabus semua mata pelajaran b Terpenuhi 4 item 3

3 Legalitas silabus oleh sekolah dan Dinas Pendidikan Kab/Kota c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Ada upaya pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional oleh guru sendiri (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Ada dokumen pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD)

6 Ada upaya pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) berbentuk bilingual

7 Ada dokumen pengembangan atau penyusunan silabus mapel bertaraf internasional (Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD) berbentuk bilingual

8

3 Bahan Ajar 1 Ada kesesuaian/relevansi bahan ajar dengan kebutuhan dalam silabus/RPP semua maple a Terpenuhi 5-5 item 4

2 Terpenuhi kebutuhan bahan ajar secara kuantitas untuk semua maple b Terpenuhi 4 item 3

3 Bahan ajar bervariasi (dari sisi isi, penerbit, kedalaman, keluasan, dll) c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Terdapat bahan ajar berbahasa asing untuk mapel Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Terdapat bahan ajar dari produksi luar negeri untuk mapel Matematika, IPA, Bhs Inggris, TIK/PTD

2 Pelaksanaan Proses Pembela-jaran 1 Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran 1 Rombongan belajar: ≤ 32 peserta didik a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Beban kerja minimal guru: 24 jam/minggu b Terpenuhi 4 item 3

3 Pengelolaan kelas tepat / sesuai tuntutan kompetensi, dalam hal: pengaturan duduk peserta didik, intonasi/volume suara guru, tutur kata, ketertiban PBM, penguatan, umpan balik, penghargaan, sanksi, penggunaan waktu,dll c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Terdapat perencanaan pembelajaran dengan berbagai metode d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Terdapat perencanaan pembelajaran dengan sarana TIK

6 Terdapat perencanaan pembelajaran dengan pengantar bilingual

2 Pelaksanaan Pembelajaran 1 Penerapan kegiatan meliputi: pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup a Terpenuhi 4- 5 item 4

2 Penerapan pembelajaran tuntas/terdapat kegiatan tindak lanjut (pembelajaran remedial, pengayaan, percepatan) b Terpenuhi 3 item 3

3 Penerapan prinsip-prinsip pembelajaran yaitu: aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan; kontekstual (CTL); dan model pembelajaran yang pro-perubahan c Terpenuhi 2 item 2

4 Menggunakan bilingual/menggunakan bahasa inggris atau lainnya/terdapat kelas bilingual d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Menggunakan TIK/e-learning

3 Penilaian Hasil Belajar 1 Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar 1 Keterlaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru a Terpenuhi 4 item 4

2 Pemenuhan ketentuan pelakdsanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Permendiknas No 20/2007 b Terpenuhi 3 item 3

3 Pelaksanaan penilaian oleh guru dengan berbasis TIK c Terpenuhi 2 item 2

4 Pengolahan penilaian dan akuntabilitas penilaian berbasis TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Pengawasan Proses Pembela-jaran

1 Pemantauan 1 Ada kesiapan pemantauan: instrumen, petugas, panduan, jadwal, dll a Terpenuhi 4- 5 item 4

2 Penggunaan strategi pemantauan: pengamatan, angket, wawancara, dll b Terpenuhi 3 item 3

3 Terlaksananya pemantauan pada semua guru mapel dalam pembelajaran c Terpenuhi 2 item 2

4 Terdapat pelaporan dan tindak lanjut hasil pemantauan pembelajaran d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Keterlibatan pihak lain (PT, Dinas Pendidikan, dll) dalam pemantauan

2 Supervisi 1 Ada kesiapan supervisi: instrumen, petugas, panduan, jadwal, dll a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Penggunaan strategi supervisi: pengamatan, angket, wawancara, diskusi, modelling, dll b Terpenuhi 4 item 3

3 Terlaksananya supervisi pada semua guru mapel dalam pembelajaran c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Menerapkan prinsip : Plan-Do-Check-Action (PDCA) d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Keterlibatan pihak lain (PT, Dinas Pendidikan, dll) dalam supervisi

6 Terdapat pelaporan dan tindak lanjut hasil supervisi pembelajaran

3 Evaluasi 1 Ada kesiapan evaluasi: instrumen, petugas, panduan, jadwal, dll a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Penggunaan strategi evaluasi: pengamatan, angket, wawancara, diskusi, modelling, dll b Terpenuhi 4 item 3

3 Terlaksananya evaluasi pada semua proses pembelajaran c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Menerapkan prinsip : input-proses-output atau lainnya d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Keterlibatan pihak lain (PT, Dinas Pendidikan, dll) dalam evaluasi pembelajaran

6 Terdapat pelaporan dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran

4 Pelaporan 1 Terdapat kegiatan penyusunan pelaporan keseluruhan pelaksanaan pemantauan, supervisi, dan evaluasi a Terpenuhi 2 item 4

2 Terdapat dokumen pelaporan keseluruhan pemantauan, supervisi, dan evaluasi pembelajaran b Terpenuhi 1 item 1

5 Tindak lanjut 1 Ada pemanfaatan dan tindak lanjut hasil-hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi pembelajaran oleh guru/sekolah a Terpenuhi 4 item 4

2 Penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang berprestasi dalam pembelajaran b Terpenuhi 3 item 3

3 Pemberian sanksi kepada guru yang belum memenuhi standar pembelajaran c Terpenuhi 2 item 2

4 Ada program tindak lanjut oleh Dinas Pendidikan setempat atau pihak terkait lainnya d Terpenuhi ≤ 1 item 1









III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN



NO KOM-PONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Kompetensi Lulusan

1 Kecerdasan 1 Terdapat perolehan kejuaraan nasional/internasional yang menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan. a Terpenuhi 4 item 4

2 Terdapat perolehan kejuaraan nasional/internasional yang menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif serta entrepreneurship dalam bidang: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, TIK, PTD, dan lainnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Terdapat perolehan kejuaraan nasional/internasional yang menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan social, yaitu: gempa bumi, banjir, tanah longsor, kemiskinan, pengangguran, kriminalitas, kenakalan remaja, dll c Terpenuhi 2 item 2

4 Terdapat perolehan kejuaraan nasional/internasional yang menunjukkan kemampuan memperdalam, memperkaya, dan memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai gejala alam dan sosial d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Pengetahuan 1 Terdapat pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Terdapat pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab b Terpenuhi 4 item 3

3 Terdapat pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni budaya c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Terdapat pengalaman belajar melalui program pengembangan diri tentang pendalaman IPTEK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Terdapat pengalaman belajar yang mampu mensinergikan dan mengembangkan pemanfaatan lingkungan secara produktif, baik ditinjau dari sisi ilmiah maupun ekonomi.

6 Terdapat pengalaman belajar yang mampu mengekspresikan, merefleksikan, dan menunjukkan hasil karya bidang seni dan budaya

3 Kepribadian 1 Terdapat pengalaman belajar melalui kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian a Terpenuhi 8-11 item 4

2 Terdapat pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab b Terpenuhi 5-7 item 3

3 Terdapat pengalaman belajar untuk berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial c Terpenuhi 2-4 item 2

4 Terdapat pengalaman belajar yang mampu menumbuhkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Terdapat pengalaman belajar yang dapat melibatkan partisipasi peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah NKRI

6 Terdapat pengalaman belajar untuk membentuk karakter peserta didik, menumbuhkan rasa sportifitas dan kebersihan lingkungan

7 Terdapat pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab, seperti: berkomunikasi dengan bahasa asing, debat, kunjungan ke luar negeri, pertukaran pelajar antar bangsa, dll

8 Terdapat pengalaman belajar untuk berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial serta berpartisipasi dalam kancah kehidupan internasional

9 Terdapat pengalaman belajar yang mampu menumbuhkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang bertaraf internasional

10 Terdapat pengalaman belajar yang dapat melibatkan partisipasi peserta didik dalam kehidupan antar bangsa di dunia dalam rangka pergaulan dunia

11 Terdapat pengalaman belajar untuk membentuk karakter peserta didik, menumbuhkan rasa kompetitif atau daya saing tinggi dalam bidang kebersihan lingkungan dalam lingkup internasional

4 Akhlak Mulia 1 Terdapat pengalaman belajar melalui kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Terdapat pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional b Terpenuhi 4 item 3

3 Terdapat pengalaman belajar dalam pembentukan akhlak mulia c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Terdapat pengalaman belajar berupa kegiatan pembiasaan untuk menghargai perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Terdapat pengalaman belajar melalui kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dalam forum internasional

6 Terdapat pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup globa/internasional

5 Ketrampilan Untuk Hidup 1 Terdapat pengalaman dalam menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Terdapat pengalaman belajar ketrampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis b Terpenuhi 3 item 3

3 Terdapat pengalaman ketrampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Terdapat pengalaman dalam menghasilkan karya kreatif dan inovatif untuk menuju entrepreneur dan bersifat ekonomik (implementasi pengembangan ekonomi kreatif), seperti 14 bidang d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pengalaman belajar bidang ketrampilan membuat karya tulis ilmiah, karya ilmiah remaja, penelitian, dan sejenisnya dalam berbagai bidang pengetahuan/sains, teknologi, dan sebagainya pada tingkat internasional

6 Pendidikan lanjut 1 Pengalaman belajar dalam mengembangkan IPTEK seiring dengan perkembangannya a Terpenuhi 4 item 4

2 Pengalaman belajar mampu menguasai pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan b Terpenuhi 3 item 3

3 Pengalaman belajar dalam mengembangkan IPTEK seiring dengan perkembangannya dan mampu berkompetisi secara internasional c Terpenuhi 2 item 2

4 Pengalaman belajar mampu menguasai pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan bertaraf internasional d Terpenuhi ≤ 1 item 1



IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN



NO KOMPONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Guru 1 Kualifikasi akademik 1 Kualifikasi akademik minimum a Terpenuhi 2 item 4

2 Kualifikasi pendidikan S2/S3 b Terpenuhi 1 item 1

2 Kesesuaian latar belakang pendidikan 1 Latar belakang pendidikan tinggi a Terpenuhi 2 item 4

2 Prestasi akademik sesuai bidang studi b Terpenuhi 1 item 1

3 Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. 1 Kemampuan merencanakan pembelajaran a Terpenuhi 5-8 item 4

2 Pelaksanaan pembelajaran b Terpenuhi 4 item 3

3 Kemampuan merencanakan pembelajaran RSBI c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan berbasis TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan bahasa inggris/asing lainnya

6 Kemampuan guru melaksanakan pengelolaan pembelajaran dengan berbagai pola pendekatan

7 Kompetensi mengevaluasi pembelajaran

8 Kemampuan guru melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan berbasis TIK

4 Kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran 1 Integritas kepribadian dan tindakan a Terpenuhi 2 item 4

2 Integritas kepribadian pendidik dan bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku lainnya b Terpenuhi 1 item 1

5 Kompetensi sosial sebagai agen pembelajaran 1 Komuniukasi secara efektif dan santun secara umum a Terpenuhi 4 item 4

2 Kemampuan berkomunikasi secara efektif dan santun dengan.menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kemampuan berkomunikasi secara efektif dan santun dengan.menggunakan sarana TIK c Terpenuhi 2 item 2

4 Kepedulian social d Terpenuhi ≤ 1 item 1

6 Kompetensi

profesional sebagai agen

pembelajaran. 1 Penguasaan materi pelajaran SNP a Terpenuhi 5-8 item 4

2 Kompetensi penelitian b Terpenuhi 4 item 3

3 Kompetensi penulisan karya ilmiah c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Penguasaan materi pelajaran yang merupakan pengembangan dari SK dan KD Standar isi d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Kompetensi berbahasa inggris

6 Kemampuan TIK

7 Kompetensi penelitian yang lebih luas

8 Kompetensi penulisan karya ilmiah lebih luas

2 Kepala Sekolah

1 Kualifikasi akademik minimum 1 Kualifikasi pendidikan (S1/D4) a Terpenuhi 4 item 4

2 Sertifikat kepala sekolah b Terpenuhi 3 item 3

3 Sekaligus kompetensinya sebagai pendidik c Terpenuhi 2 item 2

4 Kualifikasi akademik pendidikan minimum Sarjana S2 dari PT terakreditasi d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Kualifikasi khusus minimum.

. 1 Keberadaan SK sebagai guru a Terpenuhi 4 – 5 item 4

2 Sertifikat pendidik b Terpenuhi 3 item 3

3 Surat Keputusan (SK) sebagai kepala sekolah c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi berbahasa inggris d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Sertifikat kursus/pelatihan TIK

3 Pengalaman mengajar sebagai guru SMP dan kesehatan 1 Pengalaman mengajar a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengalaman tambahan menjadi kepala sekolah SSN b Terpenuhi 1 item 1

4 Kemampuan kepemimpinan 1 Kemampuan manajerial a Terpenuhi 4 item 4

2 Kemampuan manajerial yang ditunjukkan dengan keberhasilan mengelola sekolah bertaraf internasional b Terpenuhi 3 item 3

3 Wawasan internasional dan mampu membangun jejaring internasional; c Terpenuhi 2 item 2

4 Prestasi kompetensi kepemimpinan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Kemampuan kewirausahaan 1 Keampuan kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/ jasa a Terpenuhi 4 item 4

2 Keampuan kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/ jasa sebagai sumber pendanaan pendidikan b Terpenuhi 3 item 3

3 Kemampuan kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/ jasa sebagai sarana pengembangan kreativitas, inovasi peserta didik, dan entrepreneurship warga sekolah c Terpenuhi 2 item 2

4 Jiwa kewirausahaan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

6 Kemampuan supervisi dan montoring. 1 Kemampuan untuk melakukan supervisi dan monitoring. a Terpenuhi 4 item 4

2 Kemampuan untuk melakukan kegiatan evaluasi diri b Terpenuhi 3 item 3

3 Keberhasilan kepala sekolah dalam kegiatan supervisi, monitoring, dan evaluasi diri c Terpenuhi 2 item 2

4 Kemampuan membuat pelaporan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

3 Tenaga

Admi-nistrasi 1 Kualifikasi dan kompetensi akademik minimum Kepala Administrasi. 1 Kualifikasi akademik minimun a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Masa kerja waktu diangkat menjadi kepala administrasi 1 Masa kerja a Terpenuhi 2 item 4

2 Kesesuaian bidang tugas dari pengalaman kerja sebelumnya b Terpenuhi 1 item 1

3 Kualifikasi dan kompetensi akademik minimum Tenaga Administrasi. 1 Kualifikasi akademik minimum a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Kualifikasi dan kompetensi akademik minimum bendahara/petugas keuangan 1 Kualifikasi akademik minimum a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Tenaga

Perpusta-kaan 1 Kualifikasi akademik Minimum Kepala Perpustakaan. 1 Memiliki kualifikasi akademik minimun a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kommpetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Masa kerja waktu diangkat menjadi kepala perpustakaan 1 Masa kerja a Terpenuhi 2 item 4

2 Kesesuaian bidang tugas dari pengalaman kerja sebelumnya b Terpenuhi 1 item 1

3 Kepemilikan kesesuaian latar belakang pendidikan dengan tugasnya sebagai tenaga perpustakaan. 1 Memiliki kualifikasi akademik minimun a Terpenuhi 4 item 4

2 Kesesuaian latar belakang pendidikan b Terpenuhi 3 item 3

3 Memiliki Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Tenaga Labo-ratorium 1 Kepemilikan kualifikasi akademik minimum kepala laboratorium. 1 Memiliki kualifikasi akademik minimum a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompeten dalam bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Masa kerja waktu diangkat menjadi kepala laboratorium. 1 Masa kerja a Terpenuhi 2 item 4

2 Kesesuaian bidang tugas dari pengalaman kerja sebelumnya b Terpenuhi 1 item 1

3 Kualifikasi akademik Minimum Teknisi Laboratorium. 1 Memiliki kualifikasi akademik minimum a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Kompetensi berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Kualifikasi akademik minimum laboran 1 Pendidikan minimal (D-I) a Terpenuhi 4 item 4

2 Kompetensi bidangnya b Terpenuhi 3 item 3

3 Berbahasa inggris c Terpenuhi 2 item 2

4 Kompetensi TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

6 Tenaga Layanan Khusus 1 Pemenuhan jumlah tenaga layanan khusus. 1 Pemenuhan jenis-jenis tenaga layanan khusus a Terpenuhi 2 item 4

2 Pemenuhan jumlah tenaga layanan khusus b Terpenuhi 1 item 1



V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

NO KOM-PONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Lahan 1 Luas lahan 1 Memenuhi ketentuan rasio minimum luas lahan terhadap peserta didik, sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Standar Sarana dan Prasarana No 24/2007. a Terpenuhi 4 item 4

2 Memenuhi kebutuhan pembangunan/penyediaan/pengembangan ruang, lab, tempat olah raga, tempat pembelajaran di luar kelas, tempat apresiasi, dan lain-lain yang bertaraf internasional b Terpenuhi 3 item 3

3 Kerjasama antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota secara bersama bertanggung jawab dalam investasi lahan c Terpenuhi 2 item 2

4 Kerjasama dengan masyarakat secara bersama bertanggungjawab dalam hal investasi lahan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Keamanan 1 Terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. a Terpenuhi 2 item 4

2 Terhindar dari potensi bahaya yang mengancam keselamatan jiwa. b Terpenuhi 1 item 1

3 Kenyamanan 1 Terhindar dari gangguan pencemaran a Terpenuhi 2 item 4

2 Terfindar dari gangguan keramaian b Terpenuhi 1 item 1

4 Ijin pemanfaatan lahan 1 Kesesuaian keperuntukan lahan a Terpenuhi 2 item 4

2 Ijin pemanfaatan lahan b Terpenuhi 1 item 1

2 Bangu-nan 1 Luas lantai 1 Pemenuhan ketentuan rasio minimum luas lantai terhadap peserta didik, sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Standar Sarana dan Prasarana No 24/2007. a Terpenuhi 2 item 4

2 Kebersihan lantai b Terpenuhi 1 item 1

2 K3 (Keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan) 1 Kekuatan, fasilitas, anti bahaya a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Sanitasi, pengelolaan pencemaran b Terpenuhi 3 item 3

3 Memiliki kemampuan pengelolaan pencemaran lingkungan c Terpenuhi 2 item 2

4 Ventilasi dan pencahayaan. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Memanfaatkan fasilitas teknologi sesuai spesifikasi, kualitas dan jumlahnya

3 Daya listrik 1 Daya listrik a Terpenuhi 2 item 4

2 Bangunan gedung dilengkapi instalasi listrik dengan daya sesuai kebutuhan b Terpenuhi 1 item 1

4 Ijin bangunan 1 Izin mendirikan bangunan a Terpenuhi 2 item 4

2 Izin penggunaan bangunan b Terpenuhi 1 item 1

5 Pemeliharaan 1 Jenis pemeliharaan a Terpenuhi 2 item 4

2 Waktu pemeliharaan b Terpenuhi 1 item 1

6 Kecukupan secara kuantitas 1 Pengembangan kebutuhan bangunan, inventarisasi bangunan a Terpenuhi 2 item 4

2 Jumlah dan jenis pengembangan bangunan b Terpenuhi 1 item 1

3 Kelengkapan Prasarana dan Sarana 1 Kelengkapan prasarana 1 Terdiri dari minimal 14 ruang/kelengkapan sarpras sesuai Permendiknas No 24/2007 a Terpenuhi 14-17 item 4

2 Terdapat penambahan, perluasan, dan pengayaan kelengkapan sarpras b Terpenuhi 8-13 item 3

3 Terdapat laboratorium komputer c Terpenuhi 4-7 item 2

4 Terdapat tambahan jumlah dan jenis ruang d Terpenuhi ≤ 3 item 1

5 Terdapat laboratorium bahasa

6 Laboratorium matematika

7 Laboratorium Fisika

8 Laboratorium Kimia

9 Laboratorium Biologi

10 Laboratorium Pendidikan Teknologi Dasar (PTD)

11 Laboratorium IPS

12 Ruang penelitian dan pengembangan (R & D)

13 Ruang media pembelajaran

14 Ruang apresiasi, pertunjukan, pameran, presentasi, dll

15 Ruang serbaguna/aula

16 Green hause/sejenisnya

17 Sarana dan prasarana pengembangan ekonomi kreatif

2 Ruang kelas 1 Jumlah, kapasitas, rasio luasan/peserta didik ruang kelas a Terpenuhi 4 item 4

2 Berbasis TIK b Terpenuhi 3 item 3

3 Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana sebagaimana dalam Permendiknas No 24/2007. c Terpenuhi 2 item 2

4 Pemenuhan tambahan sarpras d Terpenuhi ≤ 1 item 1

3 Ruang perpustakaan 1 Tempat baca, luasan, lebar, dan pencahayaan ruang perpustakaan a Terpenuhi 4 item 4

2 Berbasis TIK (e-library) b Terpenuhi 3 item 3

3 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 c Terpenuhi 2 item 2

4 Kecukupan ruang serta sumber belajar d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Ruang laboratorium IPA 1 Tempat praktik, daya tampung, rasio luasan/peserta didik, luasan, pencahayaan, air bersih. a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

5 Ruang pimpinan 1 Fungsional, jenis ruang, jumlah ruang, luasan a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

6 Ruang guru 1 Fungsional, luasan, pencahayaan, jenis, jumlah a Terpenuhi 4 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 3 item 3

3 Terdapat tambahan sarpras/fasilitas untuk pengembangan profesionalisme guru c Terpenuhi 2 item 2

4 Terdapat tambahan fasilitas untuk MGMPS d Terpenuhi ≤ 1 item 1

7 Ruang tata usaha 1 Rasio, jumlah, janis a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

8 Tempat ibadah 1 Jenis, jumlah, luasan, kenyamanan a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

9 Ruang konse-ling 1 Luasan, kenyamanan, jenis/jumlah a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

10 Ruang UKS 1 Luasan, jenis, jumlah, kenyamanan a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

11 Ruang organi-sasi kepeserta didikan 1 Luas dan jumlah/jenis a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

12 Jamban 1 Jumlah, jenis, luasan, keamanan a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

13 Gudang 1 Luasan, jumlah, jenis a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

14 Ruang sirkulasi 1 Luasan a Terpenuhi 2 item 4

2 Keamanan dan kenyamanan b Terpenuhi 1 item 1

15 Tempat bermain/ berolahraga 1 Rasio, jenis, jumlah, kondisi a Terpenuhi 2 item 4

2 Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana Permendiknas No 24/2007 b Terpenuhi 1 item 1

VI. STANDAR PENGELOLAAN



NO KOMPONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Rencana Kerja Sekolah 1 Visi sekolah 1 Perumusan dan penetapan visi sekolah a Terpenuhi 4 item 4

2 Sosialisasi b Terpenuhi 3 item 3

3 Muatan aspek-aspek keinternasionalan c Terpenuhi 2 item 2

4 Pelaksanaan sosialisasi aspek-aspek visi keinternasionalan dan lebih luas d Terpenuhi ≤ 1 item 1

2 Misi sekolah 1 Perumusan dan penetapan misi sekolah a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaksanaan sosialisasi aspek-aspek misi sekolah yang lebih luas b Terpenuhi 1 item 1

3 Tujuan sekolah 1 Perumusan dan penetapan tujuan sekolah a Terpenuhi 4 item 4

2 Kesesuaian dengan aspek-aspek SNP. b Terpenuhi 3 item 3

3 Tujuan 4 (empat) tahunan c Terpenuhi 2 item 2

4 Tujuan 1 (satu) tahunan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Jenis dan isi RKS dan RKAS 1 Terdapat Rencana kerja jangka empat tahun atau RKS a Terpenuhi 30-49 item 4

2 Terdapat Rencana kerja satu tahun atau RKAS b Terpenuhi 20-29 item 3

3 Sosialisasi RKS dan RKAS c Terpenuhi 10-19 item 2

4 Susunan RKS dan RKAS sistemtatis dan lengkap d Terpenuhi ≤ 9 item 1

5 Perencanaan kegiatan bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

6 Perencanaan kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

7 Pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran.

8 Pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan.

9 Perencanaan penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran

10 Keterlibatan masyarakat dalam perencanaan

11 Perencanaan pengembangan sistem manajemen sekolah

12 Perencanaan pengawasan

13 Perencanaan kegiatan evaluasi diri.

14 Perencanaan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

15 Perencanaan kegiatan persiapan bahan akreditasi

16 Indikator-indikator kinerja kunci tambahan (IKKT) yang bertaraf internasional.

17 RKS dan RKAS yang memuat indikator-indikator kinerja kunci tambahan (IKKT) yang bertaraf internasional telah disosialisasikan oleh pemimpin sekolah.

18 Persyaratan dan prosedur penerimaan peserta didik

19 Matrikulasi (bridge course)

20 Bentuk pembinaan kepeserta didikan

21 Pembinaan kepeserta didikan bidang Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)

22 Pembinaan kepeserta didikan dalam pengembangan ekonomi kreatif

23 Strategi pengembangan

24 Langkah pengembangan

25 Perencanaan pengembangan kurikulum dan program pembelajaran berbasis TIK

26 Pelibatan sekolah/lembaga pendidikan internasional

27 Perencanaan kurikulum dalamkegiatan PBKL

28 Perencanaan kurikulum dalamkegiatan pengembangan ekonomi kreatif

29 Perencanaan kurikulum dalamkegiatan life skill

30 Perencanaan kegiatan bidang PENGEMBANGAN pengelolaan pendayagunaan pendidik

31 Perencanaan kegiatan bidang PENGEMBANGAN pengelolaan pendayagunaan tenaga kependidikan

32 Pengembangan pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran/sekolah.

33 Perencanaan alokasi anggaran dari pemda provinsi

34 Perencanaan alokasi anggaran dari pemda kab/kota

35 Perencanaan alokasi anggaran dari komite sekolah/orang tua peserta didik

36 Perencanaan alokasi anggaran dari pusat (Depdiknas)

37 Perencanaan alokasi anggaran dari stakeholders lain

38 Perencanaan alokasi anggaran untuk pengembangan pembinaan kepeserta didikan

39 Perencanaan alokasi anggaran untuk peserta didik tidak mampu

40 Pengembangan penciptaan kultur sekolah: perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan/evaluasi kegiatan dan hasil-hasilnya

41 Rencana Bidang penyelenggaraan kerjasama/kemitraan

42 Rencana Bentuk kerjasama/kemitraan

43 Perencanaan implementasi sekolah berbasis TIK

44 Perencanaan Implementasi system manajemen mutu atau ISO 9001

45 Perencanaan Implementasi system manajemen mutu atau ISO 14000

46 Perencanaan kegiatan PBKL

47 Perencanaan kegiatan pengembangan ekonomi kreatif

48 Perencanaan kegiatan life skill

49 Perencanaan kegiatan persiapan bahan akreditasi internasional

2 Pelaksanaan Rencana Kerja Sekolah 1 Pedoman pengelolaan sekolah 1 Perencanaan SIM berbasis TIK/cyber school a Terpenuhi 2 item 4

2 Pedoman pengelolaan program/kegiatan dalam upaya pencapaian pemenuhan IKKT b Terpenuhi 1 item 1

2 Struktur organisasi sekolah 1 Perencanaan pengawasan IKKT a Terpenuhi 2 item 4

2 Tambahan/pengembangan anggota organisasi dalam pencapaian pemenuhan IKKT b Terpenuhi 1 item 1

3 Pelaksanaan kegiatan sekolah 1 Perencanaan evaluasi diri kinerja sekolah a Terpenuhi 2 item 4

2 Pemenuhan keterlaksanaan program dan kegiatan b Terpenuhi 1 item 1

4 Bidang kepeserta didikan 1 Pelaksanaan kegiatan bidang kepeserta didikan. a Terpenuhi 6-7 item 4

2 Persyaratan dan prosedur penerimaan peserta didik b Terpenuhi 4-5 item 3

3 Matrikulasi (bridge course) c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Bentuk pembinaan kepeserta didikan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pembinaan kepeserta didikan bidang Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL)

6 Pembinaan kepeserta didikan bidang life skill

7 Pembinaan kepeserta didikan dalam pengembangan ekonomi kreatif

5 Bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran 1 Pelaksanaan bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran. a Terpenuhi 6-7 item 4

2 Strategi pelaksanaan pengembangan b Terpenuhi 4-5 item 3

3 Langkah pelaksanaan pengembangan c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Pelaksanaan pengembangan kurikulum dan program pembelajaran berbasis TIK d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pengembangan kurikulum dan program pembelajaran berbentuk bilingual

6 Pelibatan sekolah/lembaga pendidikan internasional

7 Legitimasi dari sekolah/lembaga pendidikan internasional

6 Bidang pendidik dan tenaga kependidikan 1 Pelaksanaan kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan. a Terpenuhi 4 item 4

2 Pelaksanaan kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan tenaga kependidikan. b Terpenuhi 3 item 3

3 Pelaksanaan kegiatan bidang PENGEMBANGAN pengelolaan pendayagunaan pendidik c Terpenuhi 2 item 2

4 Pelaksanaan kegiatan bidang PENGEMBANGAN pengelolaan pendayagunaan tenaga kependidikan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

7 Bidang sarana dan prasarana 1 Pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengembangan pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran/sekolah. b Terpenuhi 1 item 1

8 Bidang keuangan dan pembiayaan 1 Pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan. a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Pengelolaan penggunaan dana bantuan: pemerintah pusat, provinsi, kab/kota, komite sekolah, dan sumber dana lain b Terpenuhi 3 item 3

3 Audit penggunaan dana c Terpenuhi 2 item 2

4 Pertanggungjawaban /pelaporan pengelolaan dana sekolah d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Implementasi MBS dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan

9 Budaya dan lingkungan sekolah 1 Penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengembangan penciptaan kultur sekolah b Terpenuhi 1 item 1

10 Peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah 1 Keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan. a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Bidang penyelenggaraan kerjasama/kemitraan b Terpenuhi 3 item 3

3 Tujuan kerjasama/kemitraan c Terpenuhi 2 item 2

4 Bentuk kerjasama/kemitraan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Legitimasi kerjasama/kemitraan

11 Pengembangan sistem manajemen mutu sekolah 1 Implementasi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan/evaluasi sekolah berbasis TIK dan PAS a Terpenuhi 4 item 4

2 Implementasi system manajemen mutu atau ISO 9001 b Terpenuhi 3 item 3

3 Implementasi system manajemen mutu atau ISO 14000 c Terpenuhi 2 item 2

4 Implementasi MPMBS d Terpenuhi ≤ 1 item 1

3 Pengawasan dan Evaluasi 1 Program pengawasan 1 Program pengawasan dan sosialisasi a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Pelaksanaan pengawasan b Terpenuhi 3 item 3

3 Isi / sasaran kepengawasan c Terpenuhi 2 item 2

4 Kepemilikan program pengawasan dengan Isi / sasaran IKKT d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pelaksanaan pengawasan IKKT

2 Evaluasi diri 1 Pelaksanaan kegiatan persiapan evaluasi diri kinerja sekolah a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaksanaan evaluasi diri kinerja sekolah. b Terpenuhi 1 item 1

3 Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan 1 Persiapan evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaksanaan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. b Terpenuhi 1 item 1

4 Akreditasi sekolah 1 Pelaksanaan persiapan bahan akreditasi a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaksanaan persiapan bahan yang diperlukan untuk akreditasi sekolah oleh badan akreditasi internasional b Terpenuhi 1 item 1

4 Kepemimpinan Sekolah 1 Kepemimpinan kepala dan wakil kepala SMP 1 Struktur kepemimpinan a Terpenuhi 2 item 4

2 Struktur kepemimpinan sekolah yang dikembangkan sesuai kondisi sekolah b Terpenuhi 1 item 1

5 Sistem Informasi manajemen sekolah 1 Pengelolaan sistem informasi manajemen sekolah 1 Implementasi Sistem informasi manajemen sekolah a Terpenuhi 4 item 4

2 Pelaksanaan /menerapkan SIM berbasis TIK/cyber school b Terpenuhi 3 item 3

3 Semua unsur/bidang dimasukkan/terprogram dalam SIM sekolah berbasis TIK c Terpenuhi 2 item 2

4 Pemenuhan kepuasan masyarakat layanan pendidikan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

VII. STANDAR PEMBIAYAAN

NO KOM-PONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Biaya Investasi 1 Penyusunan RAPBS 1 Keterlibatantakeholders sekolah dalam penyusunan RKS dan RKAS, termasuk RAPBS a Terpenuhi 4-6 item 4

2 Sumber dana dari pemerintah pusat b Terpenuhi 3 item 3

3 Sumber dana dari pemda provinsi c Terpenuhi 2 item 2

4 Sumber dana dari pemda kab/kota d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Sumber dana dari komite sekolah/orang tua peserta didik

6 Sumber dana dari stakeholders lain

2 Sarana dan prasarana 1 Catatan tahunan berupa dokumen nilai aset sarana dan prasarana a Terpenuhi 7-9 item 4

2 Pencapaian dana bantuan untuk investasi sarana dan prasarana utama dari pemerintah pusat b Terpenuhi 5-6 item 3

3 Pencapaian dana bantuan untuk investasi sarana dan prasarana utama dari pemerintah provinsi c Terpenuhi 3-4 item 2

4 Pencapaian dana bantuan untuk investasi sarana dan prasarana utama dari pemerintah kab/kota d Terpenuhi ≤ 2 item 1

5 Pencapaian dana bantuan untuk investasi sarana dan prasarana utama dari masyarakat/komite sekolah/dll

6 Pencapaian dana bantuan investasi sarana dan prasarana lain dari pemerintah pusat

7 Pencapaian dana bantuan investasi sarana dan prasarana lain dari pemerintah provinsi

8 Pencapaian dana bantuan investasi sarana dan prasarana lain dari pemerintah kab/kota

9 Pencapaian dana bantuan investasi sarana dan prasarana lain dari masyarakat/komite sekolah/dll

3 Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dan modal kerja 1 Pembelanjaan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Pencapaian perolehan dana bantuan investasi pendidik dan tenaga kependidikan dari pemerintah pusat b Terpenuhi 3 item 3

3 Pencapaian perolehan dana bantuan investasi pendidik dan tenaga kependidikan dari pemerintah provinsi c Terpenuhi 2 item 2

4 Pencapaian perolehan dana bantuan investasi pendidik dan tenaga kependidikan dari pemerintah kab/kota d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Modal kerja untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan

2 Biaya Operasional 1 Gaji pendidik 1 Pembayaran gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain pendidik a Terpenuhi 2 item 4

2 Pencapaian pembiayaan di luar gaji bagi pendidik b Terpenuhi 1 item 1

2 Gaji tenaga kependidikan 1 Pembayaran gaji, insentif, transport, dan tunjangan lain tenaga kependidikan a Terpenuhi 2 item 4

2 Pencapaian pembiayaan di luar gaji bagi tenaga kependidikan b Terpenuhi 1 item 1

3 Kegiatan pembelajaran 1 Mengalokasikan biaya untuk menunjang pelaksanaan kegiatan a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Pencapaian pembiayaan kegiatan pembelajaran bilingual b Terpenuhi 3 item 3

3 Pencapaian pembiayaan kegiatan pembelajaran berbasis TIK c Terpenuhi 2 item 2

4 Pencapaian pembiayaan pengadaan bahan ajar d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pencapaian pembiayaan kegiatan pembelajaran di luar sekolah

4 Kegiatan kepeserta didikaan 1 Alokasi dana untuk kegiatan kepeserta didikan. a Terpenuhi 7-9 item 4

2 Pencapaian pembiayaan kegiatan pencapaian prestasi akademik b Terpenuhi 5-6 item 3

3 Pencapaian pembiayaan kegiatan pencapaian prestasi non akademik c Terpenuhi 3-4 item 2

4 Pencapaian pembiayaan kegiatan PPDB d Terpenuhi ≤ 2 item 1

5 Pencapaian pembiayaan kegiatan matrikulasi

6 Pencapaian pembiayaan kegiatan PBKL

7 Pencapaian pembiayaan kegiatan pengembangan ekonomi kreatif

8 Pencapaian pembiayaan kegiatan PTD

9 Pencapaian pembiayaan kegiatan life skill

5 Alat dan bahan sekolah 1 Pengeluaran biaya pengadaan alat tulis. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengeluaran biaya pengadaan bahan dan alat habis pakai b Terpenuhi 1 item 1

6 Kegiatan rapat, transport dan perjalanan 1 Pengeluaran biaya pengadaan kegiatan rapat. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengeluaran biaya pengadaan transport dan perjalanan dinas/luar negeri b Terpenuhi 1 item 1

7 Penggandaan soal-soal ujian 1 Pengeluaran biaya penggandaan soal-soal ujian a Terpenuhi 2 item 4

2 Pencapaian pembiayaan penggandaan soal dan penyelenggaraan tes, ujian, dan lainnya yang bertaraf internasional b Terpenuhi 1 item 1

8 Daya dan jasa 1 Penyediaan biaya pengadaan daya dan jasa a Terpenuhi 2 item 4

2 Pencapaian pembiayaan jasa internet b Terpenuhi 1 item 1

3 Biaya Personal 1 Pungutan dan sumbangan pendidikan 1 Pencapaian pungutan biaya pendidikan a Terpenuhi 5-6 item 4

2 Pencapaian dana sumbangan b Terpenuhi 3-4 item 3

3 Penggunaan sumbangan pendidikan atau dana dari masyarakat c Terpenuhi 2 item 2

4 Penetapan uang sekolah mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pencapaian/realisasi biaya operasional pendidikan per anak per tahun

6 Pelaksanaan subsidi silang a Terpenuhi 2 item 4

2 Penetapan dan pengelolaan biaya operasional 1 Penggalangan biaya operasional lain di samping iuran komite rutin dan fisik sekolah b Terpenuhi 1 item 1

2 Pengambilan keputusan dalam penetapan dana dari masyarakat a Terpenuhi 4 item 4

4 Transparansi dan Akuntabilitas 1 Pedoman pengelolaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan 1 Pedoman pengelolaan keuangan b Terpenuhi 3 item 3

2 Pembukuan biaya opersional c Terpenuhi 2 item 2

3 Pembuatan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan menyampaikannya pada pemerintah atau yayasan. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

4 Laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan berbasis TIK/website (online system)



VIII. STANDAR PENILAIAN



NO KOMPONEN No ASPEK No INDIKATOR No KRITERIA/

KONDISI KESIAPAN SKORE

1 Penilaian oleh pendidik 1 Informasi silabus mata pelajaran 1 Penginformasian silabus mata pelajaran SNP a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Penginformasian rancangan penilaian dalam silabus berbentuk bilingual mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD b Terpenuhi 3 item 3

3 Penginformasian kriteria penilaian dalam silabus berbentuk bilingual mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD c Terpenuhi 2 item 2

4 Penginformasian RPP berbentuk bilingual mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD pada awal semester. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Penginformasian bahan ajar/buku/referensi berbentuk bilingual mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD pada awal semester

2 Indikator pencapaian KD dan teknik penilaian 1 Pengembangan indikator pencapaian KD dan teknik penilaian SNP a Terpenuhi 7-8 item 4

2 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran IPA. b Terpenuhi 4-6 item 3

3 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian berbentuk bilingual pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran IPA c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran Matematika. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian berbentuk bilingual pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran Matematika.

6 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran Bahasa Inggris

7 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian yang sesuai pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran TIK/PTD

8 Pengembangan indikator pencapaian KD terhadap teknik penilaian berbentuk bilingual pada saat menyusun silabus pengayaan, pengembangan, perluasan, dan pendalaman mata pelajaran TIK/PTD.

3 Pengembangan instrumen 1 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian SNP a Terpenuhi 7-8 item 4

2 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran IPA yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional. b Terpenuhi 4-6 item 3

3 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran IPA yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional berbentuk bilingual. c Terpenuhi 2-3 item 2

4 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran Matematika yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional. d Terpenuhi ≤ 1 item 1

5 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran Matematika yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional berbentuk bilingual.

6 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional.

7 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran TIK/PTD yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional.

8 Pengembangan instrumen dan pedoman penilaian mata pelajaran TIK/PTD yang telah dikembangkan, diperluas, dikayakan, dan diperdalam bertaraf internasional berbentuk bilingual.

4 Pelaksanaan penilaian 1 Pelaksanaan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan sesuai SNP. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaksanaan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD dalam bentuk bilingual b Terpenuhi 1 item 1

5 Pengolahan hasil penilaian 1 Pengolahan hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengolahan hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik berbasis TIK b Terpenuhi 1 item 1

6 Pengembalian hasil penilaian 1 Pengembalian hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pengembalian hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik berbasis TIK dan berbentuk bilingual. b Terpenuhi 1 item 1

7 Pemanfaatan hasil penilaian 1 Pemanfaatan hasil penilaian untuk perbaikan penilaian dan pembelajaran a Terpenuhi 2 item 4

2 Pemanfaatanhasil penilaian untuk perbaikan penilaian dan pembelajaran berbasis TIK dan bilingual. b Terpenuhi 1 item 1

8 Pelaporan hasil penilaian pada akhir semester 1 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada kepala sekolah dalam bentuk laporan prestasi hasil belajar peserta didik. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada kepala sekolah dalam bentuk laporan prestasi hasil belajar peserta didik berbasis TIK dan bilingual. b Terpenuhi 1 item 1

9 Pelaporan hasil penilaian akhlak mulia 1 Pelaporan hasil penilaian akhlak peserta didik kepada guru Pendidikan Agama kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaporan hasil penilaian kepribadian peserta didik kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan b Terpenuhi 1 item 1

2 Penilaian oleh Satuan Pendidikan 1 Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 1 Penentuan KKM setiap mata pelajaran dengan memperhatikan ketentuan a Terpenuhi 2 item 4

2 Penentuan KKM pada mata pelajaran bertaraf internasional seperti: IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD, dengan memperhatikan standar nilai internasional (mutu internasional) b Terpenuhi 1 item 1

2 Koordinasi evaluasi 1 Pengkoordinasian evaluasi tengah semester, evaluasi akhir semester, dan evaluasi kenaikan kelas. a Terpenuhi 4 item 4

2 Koordinasi evaluasi awal semester terhadap kompetensi peserta didik, yaitu: melaksanakan kegiatan presentasi peserta didik dalam rencana belajar/prestasi yang akan dicapai dan dilakukan pada awal tahun ajaran; b Terpenuhi 3 item 3

3 Koordinasi evaluasi akhir semester terhadap kompetensi peserta didik, yaitu: melaksanakan kegiatan presentasi peserta didik atas hasil-hasil belajar/prestasi yang telah dicapai dan dilakukan pada akhir tahun ajaran c Terpenuhi 2 item 2

4 Koordinasi evaluasi dengan stakeholder relevan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

3 Kriteria kenaikan kelas 1 Penentuan kriteria kenaikan kelas a Terpenuhi 2 item 4

2 Ada persiapan penerapan sistem SKS b Terpenuhi 1 item 1

4 Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran 1 Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, iptek, estetika, serta jasmani, olahraga, dan kesehatan a Terpenuhi 2 item 4

2 Penentuan nilai akhir mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Inggris, dan TIK/PTD b Terpenuhi 1 item 1

5 Penyelenggaraan ujian sekolah 1 Penyelenggaraan ujian sekolah dan menentukan kelulusan peserta didik dari ujian sekolah a Terpenuhi 2 item 4

2 Terdapat/pernah menyelenggarakan ujian sekolah yang berbentuk bilingual pada mata pelajaran IPA dan Matematika b Terpenuhi 1 item 1

6 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran 1 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester a Terpenuhi 4 item 4

2 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran dalam bentuk bilingual untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan hasil belajar peserta didik. b Terpenuhi 3 item 3

3 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan hasil belajar peserta didik dengan SIM yang berbasis TIK c Terpenuhi 2 item 2

4 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pemerintah daerah, komite sekolah, dan lainnya yang relevan d Terpenuhi ≤ 1 item 1

7 Pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan 1 Pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. a Terpenuhi 2 item 4

2 Pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam bentuk bilingual dengan dan TIK (ONLINE system) b Terpenuhi 1 item 1

8 Penentuan kelulusan 1 Kriteria penentuan kelulusan peserta didik melalui rapat dewan guru sesuai dengan kriteria kelulusan. a Terpenuhi 2 item 4

2 Besarnya nilai kelulusan b Terpenuhi 1 item 1

9 Penerbitan SKHUN 1 Penerbitan dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujuan Nasional (SKHUN) a Terpenuhi 4-5 item 4

2 Pelaksanaan ujian sekolah yang berbentuk bilingual mengacu ketentuan pusat, khususnya untuk mapel Matematika dan IPA b Terpenuhi 3 item 3

3 Fasilitasi peserta didiknya untuk mengakses sertifikasi bilingual pada mata pelajaran tertentu c Terpenuhi 2 item 2

4 Penerbitan dan penyerahan Surat Keterangan Hasil Ujuan bilingual setiap peserta didik yang mengikuti Ujian bilingual d Terpenuhi ≤ 1 item 1

10 Penerbitan ijazah 1 Penerbitan dan penyerahan ijazah setiap peserta didik yang telah lulus bagi sekolah penyelenggara UN. a Terpenuhi 2 item 4

2 Penyerahan serifikat ujian bilingual pada setiap peserta didik yang telah lulus bagi sekolah penyelenggara ujian bilingual b Terpenuhi 1 item 1

3 Penilaian oleh pemerintah 1 Pemanfaatan hasil UN untuk penentuan kelanjutan studi 1 Hasil UN digunakan sebagai salah satu penentu penerimaan peserta didik baru a Terpenuhi 2 item 4

2 Hasil ujian bilingual digunakan sebagai salah satu penentu penerimaan peserta didik baru pada jenjang pendidikan lanjutan yang bertaraf internasional b Terpenuhi 1 item 1

KISI-KISI, PEMBOBOTAN, PENSKORAN, DAN PENILAIAN

INSTRUMEN VERIFIKASI KESIAPAN KINERJA SEKOLAH RSBI



NO SNP BOBOT NO KOMPONEN BOBOT NO ASPEK Jumlah aspek Skore per aspek Jumlah skore (Js) Rerata skore (R=Js/Ja) Nilai tiap komponen (R x bobot komp) Nilai tiap SNP (jumlah nilai tiap komp) Nilai kinerja sekolah (jumlah nilai tiap SNP)

I STANDAR ISI 10 1 Kerangka Dasar Kurikulum 2 1 Muatan Kurikulum 1

2 Struktur Kurikulum Pendidikan Umum 3 1 Struktur kurikulum 3

2 Upaya pengayaan

3 Standar dan kompetensi dasar

3 Beban belajar 1 1 Tatap muka 2

2 Penugasan terstruktur/mandiri

4 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 3 1 Pengem-bangan KTSP 4

2 Pengembangan Silabus

3 Pengembangan RPP

4 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

5 Kalender Pendidikan 1 1 Alokasi waktu dan penetapan kalender pendidikan 1

II STANDAR PROSES 15 1 Perencanaan Proses Pembelajaran 4 1 Perencanaan pengembangan atau penyusunan silabus 3

2 Perencanaan pengembangan atau penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

3 Bahan Ajar

2 Pelaksanaan Proses Pembelajaran 5 1 Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran 2

2 Pelaksanaan Pembelajaran

3 Penilaian Hasil Belajar 4 1 Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar 1

4 Pengawasan Proses Pembelajaran 2 1 Pemantauan 5

2 Supervisi

3 Evaluasi

4 Pelaporan

5 Tindak lanjut

III S K L 10 1 Kompetensi Lulusan 10 1 Kecerdasan 6

2 Pengetahuan

3 Kepribadian

4 Akhlak Mulia

5 Keterampilan untuk hidup

6 Pendidikan lanjut

IV STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 15 1 Guru 5 1 Kualifikasi akademik 6

2 Kesesuaian latar belakang pendidikan

3 Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran.

4 Kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran

5 Kompetensi sosial sebagai agen pembelajaran

6 Kompetensi profesional sebagai agen pembelajaran.

2 Kepala Sekolah 4 1 Kualifikasi akademik minimum 6

2 Kualifikasi khusus minimum

3 Pengalaman mengajar sebagai guru SMP dan kesehatan

4 Kemampuan kepemimpinan

5 Kemampuan kewirausahaan

6 Kemampuan supervisi dan montoring

3 Tenaga Administrasi 3 1 Kualifikasi dan kompetensi akademik minimum Kepala Administrasi 4

2 Masa kerja waktu diangkat menjadi kepala administrasi

3 Kualifikasi dan kompetensi akademik Minimum Tenaga Administrasi.

4 Kualifikasi dan kompetensi bendahara/petugas keuangan

4 Tenaga Perpustakaan 3 1 Kualifikasi akademik Minimum Kepala Perpustakaan. 2

2 Masa kerja waktu diangkat menjadi kepala perpustakaan

V STANDAR SARPRAS 15 1 Lahan 5 1 Luas lahan 4

2 Keamanan

3 Kenyamanan

4 Ijin pemanfaatan lahan

2 Bangu-nan 3 1 Luas lantai 6

2 K3 (Keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan)

3 Daya listrik

4 Ijin bangunan

5 Pemeliharaan

6 Kecukupan secara kuantitas

3 Kelengkapan Prasarana dan Sarana 7 1 Kelengkapan prasarana 15

2 Ruang kelas

3 Ruang perpustakaan

4 Ruang laboratorium IPA

5 Ruang pimpinan

6 Ruang guru

7 Ruang tata usaha

8 Tempat ibadah

9 Ruang konse-ling

10 Ruang UKS

11 Ruang organi-sasi kepeserta didikan

12 Jamban

13 Gudang

14 Ruang sirkulasi

15 Tempat bermain/ berolahraga

VI STANDAR PENGE-LOLAAN 10 1 Rencana Kerja Sekolah 2 1 Visi sekolah 4

2 Misi sekolah

3 Tujuan sekolah

4 Jenis dan isi RKS dan RKAS

2 Pelak-sanaan Rencana Kerja Sekolah 3 1 Pedoman pengelolaan sekolah 11

2 Struktur organisasi sekolah

3 Pelaksanaan kegiatan sekolah

4 Bidang kepeserta didikan

5 Bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran

6 Bidang pendidik dan tenaga kependidikan

7 Bidang sarana dan prasarana

8 Bidang keuangan dan pembiayaan

9 Budaya dan lingkungan sekolah

10 Peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah

11 Pengembangan sistem manajemen mutu sekolah

3 Pengawasan dan Evaluasi 2 1 Program pengawasan 4

2 Evaluasi diri

3 Evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan

4 Akreditasi sekolah

4 Kepemimpinan Sekolah 2 1 Kepemimpinan kepala dan wakil kepala sekolah 1

5 Sistem Informasi manajemen sekolah 1 1 Pengelolaan sistem informasi manajemen sekolah 1

VII STANDAR PEMBI-AYAAN 15 1 Biaya Investasi 4 1 Penyusunan RAPBS 3

2 Sarana dan prasarana

3 Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dan modal kerja

2 Biaya Operasional 5 1 Gaji pendidik 8

2 Gaji tenaga kependidikan

3 Kegiatan pembelajaran

4 Kegiatan kepeserta didikaan

5 Alat dan bahan sekolah

6 Kegiatan rapat, transport dan perjalanan

7 Penggandaan soal-soal ujian

8 Daya dan jasa

3 Biaya Personal 3 1 Pungutan dan sumbangan pendidikan 2

2 Penetapan dan pengelolaan biaya operasional

4 Transparansi dan Akuntabilitas 3 1 Pedoman pengelolaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan 1

VIII STANDAR PENILAIAN 10 1 Penilaian oleh pendidik 5 1 Informasi silabus mata pelajaran 9

2 Indikator pencapaian KD dan teknik penilaian

3 Pengembangan instrumen

4 Pelaksanaan penilaian

5 Pengolahan hasil penilaian

6 Pengembalian hasil penilaian

7 Pemanfaatan hasil penilaian

8 Pelaporan hasil penilaian pada akhir semester

9 Pelaporan hasil penilaian akhlak mulia

2 Penilaian oleh Satuan Pendidikan 3 1 Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 10

2 Koordinasi evaluasi

3 Kriteria kenaikan kelas

4 Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran

5 Penyelenggaraan ujian sekolah

6 Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran

7 Pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan

8 Penentuan kelulusan

9 Penerbitan SKHUN

10 Penerbitan ijazah

3 Penilaian oleh pemerintah 2 1 Pemanfaatan hasil UN untuk penentuan kelanjutan studi 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar